Hetalia Mochi - Russia

Macam-Macam Planet Serta Ciri-Ciri Planet

Macam-Macam Planet Serta Ciri-Ciri Planet


Setelah mengetahui tentang pengertian planet, berikut tentang macam-macam planet dan ciri-ciri planet. Berdasarkan dari penjelasan bahwasannya planet dalam tata surya terbagi menjadi 2 kelompok, berikut ini macam-macam planet tersebut, antara lain : 

  1. Planet Merkurius
  2. Planet Merkurius
    Nama Merkurius berasal dari nama dewa kurir dari kerajaan Romawi. Planet Merkurius ialah sebuah planet yang memiliki letak paling dekat dengan Matahari, hal ini membuat suhu permukaan pada siang hari dapat mencapai 400 derajat celcius, namun disaat malam hari akan turun hingga mencapai 180 derajat celcius. Pengertian planet Merkurius merupakan planet terkecil yang ada dalam tata surya, akan tetapi mempunyai berat yang hampir sama beratnya dengan bumi. Hal ini karena Planet Merkurius disusun atas besi yang sangat besar hingga berdiameter 3.600 km. Dimana waktu yang paling tepat guna mengamati Planet Merkurius adalah pada waktu menjelang pagi atau senja. 

    Ciri-Ciri Planet Merkurius 
    1) Kala rotasi 58,64 hari.
    2) Kala revolusi 88 hari.
    3) Diamater 4.879 km.
    4) Suhu rata-rata 167 derajat celcius.
    5) Tidak mempunyai satelit.
    6) Jarak rata-rata dari Matahari 57,9 juta km.
    7) Tidak memiliki cincin.
  3. Planet Venus
  4. Planet Venus
    Venus berasal dari nama dewi cinta dan kecantikan dari bangsa Romawi. Bukan hanya itu, Planet Venus dikenal dengan bintang sore ataupun bintang kejora, hal ini karena Planet Venus dapat kita amati pada waktu petang hari dan juga saat sebelum matahari terbit. Planet Venus terlihat seperti bintang pada saat langit malam, hal ini karena Planet Venus mempunyai lapisan atmosfer yang tebal serta dapat untuk memantulkan sinar matahari dengan baik. Planet Venus merupakan planet terpanas yang ada dalam tata surya dan memiliki suhu hingga mencapai lebih dari 470 derajat celcius. Planet Venus merupakan satu-satunya planet yang dapat berputar searah dengan jarum jam.

    Ciri-Ciri Planet Venus
    1) Kala rotasi 243 hari.
    2) Kala revolusi 224,7 hari.
    3) Berdiamater 12.104 km.
    4) Suhu rata-rata 464 derajat celcius.
    5) Tidak mempunyai satelit.
    6) Jarak rata-rata dan matahari 108,2 juta km.
    7) Tidak memiliki cincin.
    8) Matahari terbit dari barat, hal ini karena arah rotasi Planet Venus dari arah timur ke barat. 
    9) Planet Venus merupakan planet paling panas yang ditutupi sebuah awan tebal karbon dioksida. Apabila terdapat radiasi dari matahari, dapat menyebabkan radiasi tersebut sulit keluar.
  5. Planet Bumi
  6. Planet Bumi
    Pengertian planet Bumi merupakan sebuah planet yang dapat untuk dihuni. Hal ini karena Planet Bumi mempunyai suhu yang relatif tetap. Suhu di Planet Bumi dapat menjaga agar tetap air tersedia dalam bentuk cair serta dapat menjaga berbagai macam organisme penghasil oksigen tetap hidup. Tebal dari atmosfer Planet Bumi dapat mencapai 700 km yang sebagian besar atmosfer tersebut adalah nitrogen dan oksigen. Lebih dari 70% permukaan Bumi merupakan air dan sisanya berupa daratan. 

    Ciri-Ciri Planet Bumi
    1) Kala rotasi 23 jam 57 menit.
    2) Kala revolusi bumi 365, 242 hari.
    3) Berdiamater 12.756,3 km.
    4) Suhu rata-rata 15 derajat celcius.
    5) Mempunyai 1 satelit. 
    6) Jarak rata-rata dari Matahari 149, 6 juta km.
    7) Tidak memiliki cincin.
    8) Planet Bumi merupakan sumber kehidupan dengan memiliki suhu yang cocok bagi kehidupan air dan tersedianya oksigen.
    9) Planet yang memiliki warna biru, hal ini karena terdapat partikel udara di atmosfer yang memantulkan cahaya berwarna biru.
  7. Planet Mars
  8. Planet Mars
    Planet Mars berasal dari nama dewa perang serta legenda dari bangsa Romawi. Planet Mars dijuluki dengan sebutan planet merah. Hal ini karena permukaan Planet Mars memiliki warna merah yang berasal dari besarnya berkarat yang terdapat dalam seluruh permukaan dari Planet Mars tersebut. Permukaan Mars terdiri atas gunung-gunung berapi yang berukuran besar, lapisan es, lembah, serta sungai kering. Planet Mars mempunyai 2 buah satelit yang berukuran kecil, yaitu Phobos dan Deimos.

    Ciri-Ciri Planet Mars 
    1) Kala rotasi 9 jam 56 menit.
    2) Kala revolusi 11 tahun 10 bulan 3 hari.
    3) Berdiameter 6.794 km.
    4) Suhu rata-rata -65 derajat celcius.
    5) Memiliki 2 satelit.
    6) Jarak rata-rata dari Matahari 227,9 juta km.
    7) Tidak memiliki cincin.
    8) Tersusun dari karbondioksida yang tipis.
  9. Planet Yupiter
  10. Planet Yupiter
    Planet Yupiter atau Planet Zeus berasal dari nama raja dewa-dewa dari bangsa Yunani kuno. Pengertian planet Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya kita. Planet Yupiter memiliki diameter sekitar 11 kali dari diameter Bumi dan memiliki yang berat sekitar dua kali dari jumlah berat seluruh planet yang ada dalam tata surya. Permukaan dari Planet Yupiter diselimuti awan tebal yang sebagian besarnya terbentuk dari gas hidrogen dan helium. Gaya tarik yang terdapat pada Planet Yupiter sangatlah besar, hal ini dapat mengubah gas hidrogen menjadi cair. Sedangkan bagian inti Planet Yupiter, memiliki tekanan besar yang dapat mengubah hidrogen menjadi logam padat.

    Ciri-Ciri Yupiter
    1) Kala rotasi 10 jam 40 menit. 
    2) Kala revolusi 29, 42 tahun. 
    3) Berdiameter 139.822 km. 
    4) Suhu rata-rata 50 derajat celcius. 
    5) Memiliki 16 satelit.
    6) Jarak rata-rata dari Matahari 778,3 juta km. 
    7) Mempunyai cincin.
    8) Planet Yupiter dapat memantulkan 70% cahaya matahari yang sampai mengenai permukaan planet tersebut. 
    9) Memiliki gas yang terdiri dari 90% Hidrogen dan 10% Helium. 
  11. Planet Saturnus
  12. Planet Saturnus
    Planet Saturnus tidak padat, hal ini karena sebagian besar penyusunnya adalah gas helium dan hidrogen. Hanya di bagian inti Planet Saturnus yang sangat kecil terdapat batu padat. Angin di Planet Saturnus sangat kencang dibandingkan dengan badai yang terjadi di Bumi. Angin dapat berputar-putar tanpa henti dibagian ekuator dan memiliki kecepatan hingga 1.100 km/jam.

    Ciri-Ciri Planet Saturnus
    1) Kala rotasi 10 jam 40 menit.
    2) Kala revolusi 29,42 tahun.
    3) Berdiameter 120.536 km.
    4) Suhu rata-rata -140 derajat celcius.
    5) Memiliki 18 satelit.
    6) Jarak rata-rata dari Matahari 1433,5 juta km.
    7) Mempunyai cincin yang terdiri dari batu dan bongkahan es.
    8) Dapat mengapung apabaila ditempatkan dalam air.
    9) Permukaan yang terdiri dari kristal es.
  13. Planet Uranus
  14. Planet Uranus
    Planet Uranus diambil dari nama dewi langit Yunani kuno, yaitu Urania. Planet Uranus berjarak sekitar 2.872 km dari Matahari, sehingga dapat melakukan satu kali revolusi yang dibutuhkan sekitar 84 tahun. Letak uranus sangatlah jauh dari Matahari, hal ini dapat membuat permukaan Planet Uranus sangat dingin. Sinar Matahari membutuhkan waktu guna mencapai Bumi sekitar 8 menit, dibandingkan dengan Planet Uranus membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Di musim panas, Matahari akan bersinar selama 20 Tahun, sedangkan di saat musim dingin, kegelapan akan menyelimuti selama lebih 20 tahun lamanya. Pada musim gugur, Matahari akan terbit serta terbenam selama setiap 9 jam.

    Ciri-Ciri Planet Uranus
    1) Kala rotasi 17 jam 14 menit.
    2) Kala revolusi 84 tahun.
    3) Berdiameter 50.724 km.
    4) Suhu rata-rata -140 derajat celcius.
    5) Memiliki 27 satelit.
    6) Jarak rata-rata dari Matahari 2.872 km.
    7) Mempunyai cincin.
    8) Planet Uranus berwarna hijau kebiruan, hal ini karena atmosfer pada planet tersebut memiliki kandungan metana yang sangat tebal.
    9) Sumbu rotasi yang berimpit dengan bidang orbit, kutub utara serta kutub selatan akan bergantian tempat menghadap ke Matahari.
  15. Planet Neptunus
  16. Planet Neptunus
    Planet Neptunus memiliki diameter yang dapat mencapai hingga 50.500 km. Planet Neptunus pertama kali ditemukan 65 tahun setelah Planet Uranus ditemukan. Planet Neptunus memiliki warna yang tampak cerah biru kehijauan. Pengertian planet Neptunus dapat disebut sebagai planet pembuat ulah, hal ini karena Planet Neptunus sering beredar keluar dari garis orbitnya. Planet Neptunus dikenal sebagai kembaran dari Planet Uranus. Atmosfer di Planet Neptunus terdiri atas 1,5% metana, 19% helium, dan 80% hidrogen. Permukaan dari Planet Neptunus tertutup oleh lapisan es yang sangat tebal. Suhunya mencapai sekitar -223 derajat celcius.

    Ciri-Ciri Planet Neptunus
    1) Kala rotasi 16 jam 7 menit. 
    2) Kala revolusi 164,8 tahun. 
    3) Berdiameter 50.500 km. 
    4) Suhu rata-rata -223 derajat celcius. 
    5) Memiliki 14 satelit.
    6) Jarak rata-rata dari Matari adalah 4.500 juta km.
    7) Mempunyai cincin. 
    8) Atmosfer dari Planet Neptunus terdiri dari es, metana, air, helium, gas hidrogen, dan amoniak. 
    9) Mempunyai orbit yang berbarisan dengan Pluto.


Read more: http://woocara.blogspot.com/2016/01/pengertian-planet-ciri-ciri-planet-macam-macam.html#ixzz4n9iQN2ZK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ELEKTRONIKA DIGITAL

ELEKTRONIKA DIGITAL: Pengertian Elektronika Digital, Gerbang Logika, dan Rangkaian Digital 1. Pengertian Elektronika Digital Elek...