Hetalia Mochi - Russia

jenis-jenis nutrisi

 jenis-jenis nutrisi 
Jenis-Jenis Nutrisi Beserta Manfaat dan Fungsinya

1.      air
Air bersirkulasi melalui darah dan sistem limpa, mengangkut kadar oksigen dan nutrisi pada sel tubuh dan membuang limbah metabolisme melalui urine dan keringat.  Selain itu air sangat bermanfaat dalam mencerna dan menyerap makanan yang kita konsumsi atau membuang limbah pencernaan tubuh.
2.       Mineral
Mineral merupakan unsur logam dalam jumlah yang sedikit yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang sehat.
3.      vitamin
Tiga belas vitamin yang dikategorikan sebagai yang larut dalam air atau yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C dan semua vitamin B, yang meliputi tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, pyroxidine, biotin, folat dan kobalamin. Vitamin yang larut dalam lemak adalah A, D, E, dan K. Vitamin dibutuhkan untuk melakukan banyak fungsi dalam tubuh seperti membuat sel darah merah, sintesis jaringan tulang, dan memainkan peran dalam penglihatan normal, fungsi sistem saraf, dan kekebalan tubuh fungsi sistem.
Kekurangan vitamin dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Misalnya, kekurangan niacin menyebabkan penyakit yang disebut pellagra, yang umum di awal abad kedua puluh di beberapa bagian Amerika. Tanda-tanda dan gejala pellagra umum dikenal sebagai “4D’s, yaitu diare, dermatitis, demensia, dan kematian (death)”. Vitamin lain juga ditemukan untuk mencegah gangguan tertentu dan penyakit seperti penyakit kudis (vitamin C), rabun senja (vitamin A), dan rakitis (vitamin D).
4.       Makanan mengandung protein
Makanan yang mengandung protein merupakan bagian penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mulai dari rambut, kuku, kulit, organ dalam tubuh hingga tulang dan otot. Protein sangat berfungsi untuk bahan dasar pembangun tubuh dan regulator gen.
5.       Lemak
Lemak yang setiap gramnya menghasilkan 9 kalori energi, merupakan nutrisi penghasil energi yang paling kuat sehingga tubuh kita hanya memerlukan sedikit lemak.
6.       Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama energi tubuh manusia, menyediakan 4 kalori energi setiap gram. Karbohidrat tersusun dari atom carbon, hidrogen dan oksigen. Ketika karbohidrat diproses dalam tubuh manusia, gula glukosa dihasilkan. Glukosa merupakan faktor penentu untuk membantu memelihara jumlah protein dalam jaringan, memetabolisme lemak, dan menggerakan sistem syaraf pusat.
http://budisma.net/2015/05/nutrisi-pengertian-jenis-dan-fungsinya.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TELESKOP

TELESKOP Pengertian, Fungsi Dan Bagian Dari Teleskop  – Sebuah teleskop atau teropong adalah alat pengamatan yang berfungsi mengumpulka...