Hetalia Mochi - Russia

ginjal

Ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Kerusakan ginjal dapat menurunkan fungsinya. Penurunan dari fungsi ginjal dapat menimbulkan beragam masalah, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.
Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari penyaringan ini, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Darah yang disaring ini kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Seperti yang disebutkan di atas, kerusakannya dapat menurunkan fungsi ginjal. Beberapa penyakit ginjal pun memiliki kemungkinan untuk muncul. Seperti infeksi ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, kista ginjal, hingga kanker ginjal.
gejala awal penyakit ginjal ini perlu anda kenali - alodokter

Gejala Awal Ini Perlu Diwaspadai

Gejala awal penyakit ginjal terkadang tidak benar-benar disadari atau tidak muncul hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal mulai menghilang. Perhatikanlah beberapa gejala awal penyakit ginjal di bawah ini. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda merasa ada beberapa gejala yang Anda rasakan.
  • Kulit pucat.
  • Kulit gatal dan sangat kering.
  • Nafsu makan menurun.
  • Mual dan muntah.
  • Urine sedikit.
  • Bengkak di beberapa bagian tubuh. Seperti mata dan pergelangan kaki.
  • Terjadinya kram otot. Khususnya kram otot bagian kaki.
  • Napas pendek atau munculnya rasa lelah yang terus menerus.
  • Bau napas tidak enak dan tercium seperti bau urine.
  • Mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).
Sedangkan jika penyakit ginjal ini terjadi pada anak, gejala awal penyakit ginjal yang umumnya mereka akan rasakan adalah sering mengantuk, nafsu makan berkurang, pertumbuhan lambat, dan meningkatnya rasa lelah.

Jaga Kesehatan Ginjal Anda dengan Cara Ini

Sebelum ginjal Anda bermasalah, atau sebelum kondisi ginjal semakin buruk. Tentu tidak ada salahnya untuk terus menjaga kesehatan ginjal. Cermati dan praktikkan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal berikut ini.
  • Makanan sehat untuk ginjal yang sehat
    Sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Begitu pula dengan ginjal Anda. Jadi, berikanlah ginjal Anda ragam makanan sehat mulai sekarang. Pastikan makanan yang Anda konsumsi kaya akan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau terlalu asin. Konsumsi lebih banyakan biji-bijian, sayur, dan buah.
  • Minum cukup air mineralGuna menjaga kesehatan ginjal, memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah hal yang penting. Ingat apa fungsi ginjal. Jika Anda tidak cukup minum, bagaimana ginjal dapat berfungsi dengan baik menyaring racun dan membuangnya menjadi urine? Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik, perhatikan warna urine Anda. Jika berwarna cokelat tua dan bukannya kekuningan. Itu artinya tubuh membutuhkan lebih banyak air.
  • Buang jauh-jauh minuman beralkohol dan rokokKedua hal ini tentu tidak ada manfaatnya bagi Anda. Hanya kesenangan sesaat dan tabungan masalah kesehatan di kemudian hari. Salah satunya adalah penyakit ginjal. Minuman beralkohol dan rokok dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan hipertensi adalah salah satu penyebab penyakit ginjal.
  • Perhatikan berat badan AndaSesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak baik. Begitu pula dengan berat badan. Meningkatnya berat badan dapat meningkatkan tekanan darah Anda yang berbahaya bagi ginjal, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Perhatikan berat badan dan indeks massa tubuh Anda. Serta lakukan olahraga secara teratur seperti bersepeda, berenang, atau berlari guna mendapatkan berat badan ideal.
Tidak ada bagian tubuh kita yang tidak penting untuk dijaga kesehatannya. Termasuk juga dengan ginjal. Organ ini begitu penting untuk kesehatan tubuh Anda. Tidak kalah dengan hati dan jantung. Jadi jaga kesehatan organ ini dengan baik. Kenali juga gejala awal penyakit ginjal di atas. Agar jika ternyata Anda memiliki penyakit ginjal, Anda bisa mengatasinya sedini mungkin.

http://www.alodokter.com/gejala-awal-penyakit-ginjal-ini-perlu-anda-kenali






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ELEKTRONIKA DIGITAL

ELEKTRONIKA DIGITAL: Pengertian Elektronika Digital, Gerbang Logika, dan Rangkaian Digital 1. Pengertian Elektronika Digital Elek...